Sabtu, 06 Desember 2014

pendidikan adalah membina anak seutuhnya sesuai dengan kekhasan masing-masing anak didik



Assalamu’alaikum,
Dari dulu saya merasa ada banyak hal yang salah pada sistem pendidikan yang ada, tapi kadang susah diungkapkan akan apa saja kesalahan itu, kebetulan.. di saat kuliah salah satu dosen menyampaikan apa yang selama ini ingin saya dengar, ini lah salah satunya:

“..Kesalahan utama pendidikan kita, terutama di masa anak-anak. Kita umumnya menganggap anak-anak itu kosong dan ‘bodoh’, sedang kita manusia dewasa, orang yang isi dan ‘pintar’. Jadi pendidikan adalah, bagaimana kita, orang dewasa memberi tahu dan mengisi anak-anak yang kosong tersebut agar jadi pintar. Metode belajar mengajar yang kita pakai umumnya ‘mengabaikan’ anugerah Tuhan … , Rasanya sudah tiba saatnya bagi kita, menghayati bahwa proses belajar seharusnya merupakan optimasi dari potensi anugerah Tuhan untuk menguasai ilmu yang di ‘impor’. Salah satu definisi pendidikan yang pas untuk pendidikan anak: “pendidikan adalah membina anak seutuhnya sesuai dengan kekhasan masing-masing anak didik”…”

Dikutip dari buku BAHASA RUPA, karya Prof.Dr.Primadi Tabrani, beliau adalah dosen fakultas Seni Rupa dan Desain di ITB Bandung, pada tahun 1976 mengikuti professional training in tertiary education pada University of New South Wales di Sidney, Australia. Pada tahun 1979 mengikuti A Course in Television Programme Making pada radio Nederland Training Cen tre, TV Section, di Hilversum, Belanda.



       Pada buku ini banyak hal menarik yang disampaikan, salah satunya: Agar karya visual kita bisa menjadi no 1 di dunia, kita harus mengangkat warna lokal yang ada di negara kita, menggunakan bahasa rupa tradisi dari negara kita juga, jika selamanya kita menggunakan bahasa rupa luar kita hanya menjadi pengekor, jadi inilah tugas kita bersama untuk melakukan prosesnya...  

        Tulisan ini hanya bersifat sebagai trigger, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar